Rabu, 07 April 2010

Bab Kutipan

Jenis-jenis Kutipan antara lain :
a. Kutipan langsung adalah pinjaman pendapat dengan mengambil secara lengkap kata demi kata, kalimat demi kalimat dari sumber teks asli.Kutipan langsung terbagi atas:Kutipan langsung panjang dan kutipan langsung pendek.
b. Kutipan tak langsung adalah pinjaman pendapat dengan mengambil inti sarinya saja
c. Kutipan pada catatan kaki yaitu kutipan yang ditempatkan pada catatan kakidengan selalu menempatkan dalam spasi rapat, singkat,selalu dimasukkan dalam tanda kutip, dan dikutip tepat seperti teks aslinya.
d. Kutipan atas ucapan lisan
e. Kutipan dalam kutipan
f. Kutipan langsung pada materi.

Contoh kutipan langsung
Argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara (Keraf, 1983: 3).
Menurut Gorys Keraf dalam bukunya Argumentasi dan Narasi (1983:3), argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara.
Argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka itu percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara 1.

Contoh kutipan langsung panjang
1. lebih dari 3 baris, tetapi tidak melebihi ½-1 halaman
2. Bila >1 halaman masukkan dalam lampiran
3. tidak ditulis di antara tanda petik
4. tidak dijalin dalam teks
5. ada tempat tersendiri dalam alinea baru
6. diketik dengan jarak baris satu spasi
7. pada garis tepi baru dengan jarak 4 ketukan dengan indensisasi 7 ketukan dari garis tepi atau 3 ketukan dari garis tepi baru
8. harus memakai superskrip footnote
Contohnya
Pada awalnya orang mengenal logam sebagai barang perhiasan misalnya: emas, yang konon di da-patkan di alam sebagai emas murni, logam sebagai alat berburu atau sebagai senjata.

Contoh kutipan langsung pendek
1. tidak melibihi 3 baris ketukan
2. dijalin dalam teks
3. diberi tanda kutip atau tanda petik di antara bahan yang dikutip
4. bila terpaksa > 3 baris, sebaiknya digunakan paraphrase
Contohnya
Mineral gangue adalah bagian dari asosiasi mineral yang membentuk batuan dan bukan mineral bijih di dalam suatu jebakan.

Contoh kutipan tidak langsung
Seperti dikatakan oleh Gorys Keraf (1983:3) bahwa argumentasi pada dasarnya tulisan yang bertujuan mempengaruhi keyakinan pembaca agar yakin akan pendapat penulis bahkan mau melakukan apa yang dikatakan penulis.

Contoh kutipan pada catatan kaki
Berbagai penyelidikan tentang akulturasi yang dilakukan oleh para sarjana ilmu anthropologi-budaya bangsa Amerika memang telah menunjukkan bahwa penyelidikan-penyelidikan akan peristiwa perpaduan kebudayaan yang dipandang dari sudut kompleks-kompleks unsur-unsur yang khusus, telah memberi hasil yang memuaskan. Karena itu Herskovits beranggapan bahwa pandangan serupa itulah pandangan yang paling berguna di dalam penyelidikan akulturasi.2
Pada catatan kaki halaman yang sama, di bawah nomor urut penunjukan 2 dapat dibaca sebuab kutipan langsung seperti di bawah ini:
2 Kata beliau: "However desirable studies of changes in ‘whole culture’ may thus be, it seems most advantageous in practice for the student to analyse into its components the culture that has experienced contact... one can no more study 'whole cultures' than one take as the subject for a specific research project the human body in its entirety. . ." (M.J. Herskovits, 1948:536).
kutipan itu dibuat dalam spasi rapat; kata 'whole culture' mempergunakan tanda kutip tunggal, karena tanda kutip ganda sudah dipergunakan untuk seluruh kutipan itu.

Contoh kutipan atas ucapan lisan
Dalam menjawab nota Keuangan & RAPBD Daerah Khusus Ibukota tahun 1973. tanggal 2 Pebruari 1973, Gubemur Ali Sadikin mengatakan a.l. :
“… Tetapi apabila kita jujur berkenan melihat persoalan itu………….pendapat yang dikutip itu dari segala sudut. Kutipan-kutipan itu akan turut meletakkan dasar-dasar bagi kesimpulan yang akan diturunkannya,baik dalam bab tersebut,
maupun yang akan direkapitulasinya dalam kesimpulan terakhir dari tulisan itu.

Contoh kutipan langsung pada materi
“Uang dan ketenaran memudahkan saya mengakses godaan”,kata Tiger Woods,”Saya memohon maaf sebesar-besarnya atas tindakan saya yang tidak bertanggung jawab dan hanya memikirkan diri sendiri”.

Contoh kutipan dalam kutipan
Dapat dilakukan dengan dua cara:
1. bila kutipan asli tidak memakai tanda kutip, kutipan dalam kutipan dapat mempergunakan tanda kutip tunggal atau tanda kutip ganda.
Misalnya:
Pencemaran nama baik melalui internet ini cukup dengan menggunakan pasal KUHP.
Kutipan dalam kutipannya : “Pencemaran nama baik melalui internet ini cukup dengan menggunakan pasal KUHP”.
2. bila kutipan asli memakai tanda kutip tunggal, kutipan dalam kutipan memakai tanda kutip ganda. Sebaliknya bila kutipan asli memakai tanda kutip ganda, kutipan dalam kutipan memakai tanda kutip tunggal.
Misalnya:
Di dalam artikel majalah terdapat kalimat seperti ini
Sering kali,kita hanya ‘dinilai’ dari penampilan luarnya saja.
Kutipan dalam kutipannya : Sering kali,kita hanya “dinilai” dari penampilan luarnya saja.


Sumber Bab Kutipan :
http://perpusol-samsam.blogspot.com/2009/06/kutipan-dalam-sebuah-karangan.html
http://www.sentra-edukasi.com/2009/10/definisi-cara-menulis-kutipan.html
(artikel) Koran Kompas,22 Februari 2010.
Majalah “Cosmopolitan”,Juli 2004.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar